Thursday, November 22, 2007

Resep Alami

Buat yang punya anak balita dan juga sebagai bahan informasi. Ini permintaan dari Rossie Semoga bermanfaat ya? Jangan panik lagi.

1. Untuk Diare:
- Daun jambu biji yang dikunyah dan diberikan langsung pada anak.
- Rebusan kunyit=> 1 ruas rimpang / empu kunyit direbus dengan air 2 gelas 200ml = 400ml hingga menjadi 1 gelas 200ml. Setelah hangat, beri 1 sendok teh madu atau gula batu. Minumkan sedikit2 dan sesering mungkin hingga tinjanya padat.
- Makan pisang.

2. Untuk Batuk:
- Rebusan rimpang kunyit (sama seperti untuk diare) ditambah dengan 1 ruas kencur dan 1 ruas jahe besar (biar gak terlalu pedas) untuk mengeluarkan dahak. Bila tidak berdahak, tak usah pakai jahe. Tapi kalau mau biar hangat ya gak papa, pake ajah.
- 1 sendok teh kecap manis + perasan jeruk nipis.

3. Untuk Pilek:
- 1 biji pala ditumbuk halus + 1 siung bawang merah diparut + minyak telon. Dicampur lalu diborehkan pada kening sesering mungkin hingga berhenti pileknya. (bisa untuk olesan bila terkilir / jatuh)

4. Untuk Demam:
Sebenarnya tidak perlu panik, karena bila si kecil demam berarti antibodinya sedang bekerja untuk membuat anak kita lebih kuat terhadap benda asing kelak. Tetapi dapat diantisipasi dengan mengompresnya. Ingat! Dengan air HANGAT, bukan air DINGIN. Kenapa? Karena air hangat akan melebarkan pembuluh darah hingga bisa mengalirkan darah lebih lancar dan mengeluarkan panas dengan segera. Bila pakai air dingin, yang ada si kecil malah shock dan panas badannya tidak menguap. Tapi sedia paracetamol itu wajib lho.... Catatan: hati2 pemberian penurun panas ibuprofen karena tidak semua anak cocok dengan bahan kimia yang satu itu.

5. Untuk Keracunan:
Pertolongan pertama sih air kelapa (hijau atau biasa sama ajah) atau susu cair murni (bukan susu formula dicairkan yaaa). Lebih oke kalau yang gambarnya si beruang itu...(woy, bukan iklan nih!) Bila keadaan tidak kunjung membaik, baru deh ke dokter...

-----
sementara itu dulu. ntar diedit lagi...

NB: Jangan mudah percaya kalo dokter kasih antibiotik karena tidak semua penyakit HARUS diberi antibiotik!!!!

7 komentar:

DiOno said...

kalau ramuan tradisional, untuk darah tinggi, apa ya? gmn cara betul pengolahan mngkudu ya trims

DiOno said...

satu lagi ttg pembuatan kotak "copy link saya" seperti Mbak punya. kalo bisa email ke yono_pati@yahoo.com ya. trism

Yolla Elwyn said...

wah resepnya mbak An mantab banget..mo alih profesi kah mbak?? he

an diana said...

diono insya Allah bisa kok mas pake mengkudu. pakai belimbing dewi juga oke kalo gak suka bau mengkudu. soal banner, saya udah kasih tau link-nya kan ;)

yolla hehehe...resep dari bapakku yang herbalis. tapi memang mantab abis. kalo mbak yolla ntar punya anak, bisa dicoba tuh ;)

sary said...

wuah, setuju banget nih.

anak-anakku kalo diare aku kasih resep daun jambu itu sama makan pisang ambon

kalo batuk cukup perasan jeruk nipis dan kecap

dan semua berlaku gak hanya untuk anak-anak tapi ortunya juga

great posting, anyway

an diana said...

sary iya berlaku juga untuk dewasa dengan takaran yang lebih besar kali yaaa... :)

rossie said...

wah, thx ya mba!!! sangat berguna buatku yg ga ngerti apa2 :) bisa jadi kamus obat buatku nih.... next time ga langsung ke dokter lagi