Tuesday, November 20, 2007

Renungan Tasawuf

Rahasia Zuhud Hasan al-Bashri rahimahullah:

1. Aku tahu bahwa rezekiku tidak didatangkan oleh orang lain, maka aku mencarinya seorang diri.
2. Aku tahu bahwa pekerjaanku tidak ditunaikan orang lain, maka aku mengerjakannya seorang diri.
3. Aku tahu bahwa Allah mengawasi diriku, maka aku malu jika Dia melihatku berbuat maksiat.
4. Aku tahu bahwa kematian senantiasa menungguku, maka aku persiapkan bekal untuk pertemuan dengan Tuhanku.

===

Pesan Abu ad-Darda' tentang perbekalan akhirat:

1. Tunaikan haji demi (menghadapi) perkara2 agung.
2. Dirikanlah shalat 2 rakaat di tengah kegelapan malam demi (menghadapi) kesunyian alam kubur.
3. Puasalah pada hari yang amat panas demi (menghadapi) hari kebangkitan.

===

masalahnyaaa... bisa gak aku ngerjain semua itu??? *pingsan*
Ya Allah, kuatkan diriku yang dhoif ini...

8 komentar:

Muhammad Mufti said...

Pesan Abu Darda' ini yang sering terlupa dalam keseharian. Pada kenyataannya ketiga hal tersebut memang terasa berat dilakukan, kecuali dilandasi dengan niat yang kuat.

andiana said...

mufti bener banget mas! bener2 beratzzz...Saking beratnya maka aku tampilin di sini...lebih untuk pengingat pribadi sebenernya...syukur kalau yang lain pada ikut baca dan inget juga... ;)

Unknown said...

Doain ya, pelan2 aku lagi menata diri neh

andiana said...

nn insya Allah didoakan..tetap istiqomah ya ;)

Anonymous said...

insyaAllah bisa;)
jangankan jadikan low spirit penghalang segala hal utk kebaikan ;)....
gimana kabarnya hari ini? jgn pake low spirit lagi yaaaa

keep read and write

andiana said...

teh Rien semangat teh! iya, insya Allah! :)

Anonymous said...

Artikel yang bagus, bisa dijadikan pegangan untuk introspeksi diri.
Thanks Diana telah berbagi artikel ini.

andiana said...

mbak Ani iya mbak...sama2...yuk saling mencerahkan! :)