Tuesday, February 26, 2013

No String Attached

Artikel di ambil dari SINI


Welcome to the ‘world of Ashton-Natalie and Mila-Justin’. Tak sedikit yang berpendapat, film mereka beberapa waktu lalu yang bertema mirip—Ashton Kutcher dan Natalie Portman dalam film No Strings Attached serta Justin Timberlake dan Mila Kunis dalam Friends with Benefits—punya andil besar dalam kembali mengangkat wacana ‘seks yang dilakukan tanpa adanya ikatan hubungan asmara’ ke tengah-tengah masyarakat. Admit it, setelah nonton film itu, Anda pasti sempat mendiskusikannya bersama geng Anda kan?

    Namun apa sebenarnya friends with benefits itu? Apakah hubungan seks tanpa ikatan memang seburuk itu? Dan yang terpenting, apakah hubungan seks tanpa ikatan itu mungkin dilakukan oleh wanita tanpa ‘efek samping’ negatif setelahnya?
   Setidaknya ada empat alasan yang paling umum menjadi alasan wanita memilih FWB dan melakukan casual sex:

#1
    I don’t have time for relationship. Suatu hubungan pacaran (apalagi pernikahan) membutuhkan banyak usaha, waktu, uang, dan kesabaran. Orang-orang yang punya karier sukses dan ‘tenggelam’ dalam pekerjaannya merasa tak punya cukup waktu untuk menjalin dan memelihara hubungan asmara. Mereka umumnya menganggap seks sebagai sarana rekreasi semata.

#2
    I’ve been hurt. Salah satu alasan klise yang sering dilontarkan wanita. Jadi karena disakiti oleh seorang pria, maka seseorang memilih untuk membuat dirinya menjadi ‘gampangan’ dan menyerahkan dirinya kepada seseorang yang belum tentu mau bertanggungjawab jika terjadi sesuatu? illogical reason, we might say.

#3
   Alcohol made me do it. Konsumsi alkohol secara berlebihan (baca: mabuk) menyebabkan impaired judgment, sehingga orang-orang cenderung melakukan hal-hal bodoh yang belum tentu dilakukan ketika sober, termasuk, you know… doing ‘it’ with your friend.

#4
   I’m just trying to boost my confidence. Setiap orang butuh pengakuan. Diakui atau tidak, bagi seorang wanita, approval dan pengakuan dari orang lain (terutama pria) bahwa dirinya cantik dan menarik amatlah penting. Masalahnya, some women take this need of approval too far, dan menjadikan hubungan seks yang kasual sebagai sarana pembuktian bahwa dirinya memang menarik. Alasan yang sama bodoh dan tidak logisnya dengan alasan #2.

(There Are No) Benefits of Friends with Benefits
      Film-film menggambarkan pola hubungan no strings attached sebagai hal yang seru, tanpa beban, dan bebas dari tanggung jawab. Namun pada kenyataannya, it’s nothing like that, dan jauh lebih merugikan bagi wanita.

RARA PUTRI DELIA

0 komentar: